Rabu, 04 Januari 2012

Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

pengunjung blog
Kebanyakan kawan-kawan blogger bertanya tentang tips meningkatkan pengunjung, yang pada akhirnya berhubungan atau dapat meningkatkan page rank blog. Pertanyaan ini sangat sederhana namun memerlukan kerja serius dan kesabaran. Ingat dalam hal blogging tidak ada jalan pintas atau shortcut, dan sangat masuk akal bila anda bertanya hal serupa karena ingin aktifitas blog anda ramai dengan pengunjung. Sekali lagi kuncinya adalah berusaha dan sabar dalam menunggu hasilnya. Ok sekarang mari kita bicarakan beberapa tips yang pernah saya lakukan dalam meningkatkan mobilisasi pengunjung. Maaf saya tidak menganggap kalau blogo ini adalah blog sukses dan mendapat ratusan pengunjung perharinya, namun apa yang saya terangkan sangat masuk akal dan kerjanya juga gak terlalu berat, serta hasilnya lumayan memuaskan. Simak penjelasan di bawah ini.
  1. Usaha pertama untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan memperbaiki atau sering update artikel anda. Bila anda tidak memperbaiki artikel anda sesuai kebutuhan pengunjung saat ini, maka blog anda akan ditinggalkan pengunjung. Hal ini sangat masuk akal, karena pengunjung akan mencari apa yang dia perlukan pada blog anda. Masing-masing jenis konten tidak ada kriteria terbaik namun mempunyai pengunjung tersendiri yang perlu akan informasi yang anda tulis. Perbaiki juga gaya bahasa anda, karena ini berhubungan dengan kejelasan tulisan anda. Ulas singkat dan jangan bertele-tele, karena bisa membuat pengunjung bosan menyimaknya. Sadarilah kalau salah satu indeksi dari boot mesin pencari adalah sebarapa baik dan seringnya anda update blog melalui artikel yang anda tulis. Insya Allah saya akan bahas dilain kesempatan.
  2. Usaha selanjutnya adalah dengan menggunakan bookmark sosial atau situs media sosial. Hal ini sampai sekarang masih saya lakukan dan hasilnya lumayan memuaskan. Saya rasa dengan memanfaatkan sharing artikel pada beberapa situs sosial seperti, facebook, twitter, google + dan lain sebagainya, akan sangat membantu orang mengetahui apa yang anda tulis. Selanjutnya tinggal menunggu siapa yang tertarik dengar artikel anda. Usaha ini harus sabar dan yakinlah kalau ini tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya...alias gratis. Penggunaan sumber daya ini dapat berhasil dan dapat membantu website anda mendapatkan lalu lintas langsung dari situs-situs sosial tersebut. Disamping itu dapat membantu website anda ditemukan mesin pencari dalam penentuan popularitas dangan kata kunci yang anda gunakan. Intinya biasakan share ke beberapa situs sosial setelah anda membuat artikel, karena dengan begitu banyak orang yang akan tahu apa yang anda tulis. Asik bukan? gratis lagi bro. Untuk widget social share silahkan anda cari di blog ini. Saya tulis dalam beberapa artikel dan silahkan pilih sesuai keinginan dan kebutuhan anda.
  3. Biasakan juga blog walking kebeberapa blog dan tinggalkan komentar yang berbobot, bukan sekedar "say hallo", atau memberi komentar "info yang bagus", lalu meminta admin blog tersebut mau berkunjung balik ke blog anda. Lebih gila lagi ada juga blog walker yang mengharap agar admin menjadi pengikut blognya. Coba anda bayangkan bila anda mendapat kunjungan seperti itu, dan hanya meninggalkan pesan di buku tamu...mungkin ketertarikan anda berkunjung balik juga akan surut. Iya gak? Itulah namanya etika dalam blogging yang kadang tidak diperhatikan kawan-kawan blogger. Jadi mulai sekarang biasakan memberi komentar yang berbobot dan mungkin mengandung sedikit pertanyaan agar admin blog yang anda kunjungi tergerak untuk berkunjung ke blog anda. Silahkan baca menjadi blog walker yang berhasil dan blogwalker pekerja keras atau blogwalker cerdas. Sadari juga blog walking ini untuk menghindarkan anda agar tidak menjadi blogger pingitan yang tidak pernah mau berkunjung ke blog lain. Jangan sampai juga anda dianggap blogger seperti katak dalam tempurung. Bisa repot juga kan akhirnya.
  4. Gunakan beberapa tools pembantu untuk penyebaran artikel anda seperti ping service atau google news suggest. Ini juga sangat membantu dan sekali lagi ini gratis bro alias gak bayar. Ada yang gratisan dan bermanfaat kok dibiarkan. Gunakan aja sebaik mungkin, karena ini juga hasilnya sangat mambantu dalam mempromosikan artikel atau blog anda dalam beberapa mesin pencari. Ini nih bro alamat tools yang perlu anda gunakan setelah anda memposting artikel. Mengenai caranya silahkan tanya pada kawan anda, atau anda tanyakan dengan menayangkan komentar pada artikel ini. Pingler, Ping-o-matic, blog pingtool, google news suggest

pengunjung blog
Selanjutnya adalah usaha anda untuk mewujudkan mimpi dan kerja keras anda yang disertai kesabaran. Itu adalah kunci utama anda dalam menacapai sukses menjadi seorang blogger. Maaf kalau artikel ini terlalu muluk harapannya, karena ini juga saya jalani dan hasilnya besar kemungkinan berhasil. Bukankah harapan itu selalu ada, asal kita mau berusaha. Sekali lagi saya tidak menganggap kalau blog ini adalah blog berhasil, namun artikel ini hanya sekedar penyemangat dalam usaha blogging kita dan mau menyadari kalau dalam blogging tidak terlalu sulit untuk mendapatkan pengunjung, namun tidak juga ada jalan pintas yang dapat menaikkan page rank anda dalam satu malam. Blogging adalah dunia logika dan usaha, serta dunia untuk membangun persahabatan antar sesama blogger dengan tujuan berbagi bersama. Saya kira itu tujuan menjadi seorang blogger baik hati....heheheee. Ok selamat berusaha dan sukses selalu.


"keep spirits and do the best"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar